OLAHDATA STATISTIK


http://www.olahdata-statistik.com

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan dikampus sejak awal tahun 2000 mengajar matakuliah metodologi penelitian, mendampingi mahasiswa praktikum komputer statistik (SPSS) di Laboratorium, membimbing, memeriksa dan menguji skripsi dalam sidang pendadaran, memberikan jasa konsultasi kepada mahasiswa S1 maupun S2, serta pengalaman dalam melakukan penelitian dilapangan, penulis melihat fenomena bahwa sebagian besar penguasaan metodologi penelitian maupun kemampuan praktis dalam mengoperasikan software statistik sebagai alat bantu riset dikalangan mahasiswa masih sangat lemah.

Untuk dapat memahami konsep metodologi penelitian dan dapat mengaplikasikannya dalam meneliti suatu permasalahan tertentu, memang memerlukan latihan yang komprehensif dan pembelajaran yang cukup lama, sehingga tidak cukup jika hanya diberikan dalam satu semester perkuliahan saja.




Dalam webblog idea yang lain http://www.olahdata-statistik.com kami mencoba mereview kembali beberapa konsep dasar metodologi penelitian secara runtut sebagai persiapan untuk masuk kedalam materi pengolahan data statistik dengan bantuan software program SPSS, AMOS dan LISREL.




Pemahaman metodologi penelitian yang baik tanpa didukung oleh penguasaan software statistik sebagai alat bantu, ibarat berburu macan tanpa membawa senapan.
Saat ini dipasaran sudah beredar sedemikian banyak software program yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah data dan menyajikannya menjadi sebuah penelitian yang tepat dan akurat. 3 (tiga) software program yang sekilas akan dibahas dalam webblog ini adalah SPSS, AMOS dan LISREL. Software program SPSS, AMOS dan LISREL adalah sebuah program pengolah data statistik yang diciptakan untuk mempermudah proses pengolahan data untuk keperluan penelitian kuantitatif.


Sayangnya karena banyak kalangan mahasiswa yang belum atau enggan belajar program2 tersebut membuat mereka takut berurusan dengan statistik dan akhirnya memilih menyerahkan pekerjaan olah data statistik kepada pihak ketiga.

Tentunya ini merupakan berkah tersendiri bagi para konsultan yang rela menyediakan sebagian waktu dan tenaganya untuk membantu para mahasiswa yang bermasalah dengan olah data statistik tersebut. Besarnya tarif ‘fee jasa’ untuk konsultasi pengolahan data diatas tergantung dari banyaknya variabel penelitian, tingkat kesulitan analisis dan interpretasi serta software program yang digunakan.

TARIF FEE JASA OLAHDATA STATISTIK
DENGAN PROGRAM SPSS

Kami melayani Jasa Pengolahan Data Statistik dengan program SPSS antara lain meliputi :

1. Rekapitulasi INPUT data dari Ms. Excel ke SPSS
2. Pengujian Instrument Penelitian :
a. Uji Validitas – Bivariate Pearson Correlation
b. Uji Reliabilitas – Cronbach Alpha 

3. Pengujian Penyimpangan Asumsi Klasik :
a. Uji Multikolinearitas – Collinearity Diagnostic with Tolerance & VIF
b. Uji Heterokedastisitas – Scatter Plot – SRESID & ZPRED
c. Uji Autokorelasi – Durbin Watson

4. Pengujian Asumsi Dasar :
a. Uji Normalitas – One Sample Kolmogorov-Smirnov, P-Plots
b. Uji Homogenitas – One Way Anova – Test of Homogenity Variance
c. Uji Linieritas – Anova Table Linearity

5. Pengujian Statistik Deskriptif:
a. Mean, Median, Maximum, Minimum, Standard Deviasi, OMS.
b. Analisis Rasio (sesuai kebutuhan peneliti)
c. Distribusi frekuensi Profil Responden (untuk data kuesioner).

6. Pengujian Hipotesis :
a. Compare Mean (One Sample t test, Paired Sample t test, ANOVA)
b. Analisis Korelasi, Menjelaskan Hubungan antar Variabel. Meliputi : Uji Partial & Uji Bivariate Correlation Product Moment
c. Analisis Regresi, Simple regression (Uji t Parsial), Multiple Regression (Uji F Simultan), Uji R (Koefisien Korelasi), Uji R Square (Koefisien of Determinasi)
d. Analisis Regresi dengan Variable Moderating dan Variable Intervening.
e. Analisis Regresi Logistik (Logistic Regression Model)

Biaya fee olah data tergantung dari jumlah sampel data, variabel penelitian dan software yang digunakan (berkisar antara Rp.250.000,- s/d Rp.2.000.000,-) biaya tersebut sudah termasuk interpretasi hasil olahdata sesuai dengan hipotesis penelitian anda. Jika ditambah dengan Materi Metodologi Penelitian (Bab 3) dan Kuesioner maka anda tinggal menambahkan fee Rp. 750.000,- saja.

TARIF FEE JASA OLAHDATA STATISTIK
STRUCTURE EQUATION MODEL (SEM)
DENGAN PROGRAM AMOS dan LISREL

Kami melayani Jasa Pengolahan Data Statistik Khususnya untuk Analisis “Structure Equation Model” dengan program AMOS dan LISREL antara lain meliputi :

1. Rekapitulasi INPUT data dari Ms. Excel ke AMOS / LISREL
2. Pengujian Instrument Penelitian: Uji Validitas & Uji Reliabilitas
3. Analisis Faktor Eksploratori & Konfirmatori
4. Analisis Jalur (Path Analysis)
5. Structure Equation Modeling
6. Penilaian Model Fit
7. Modifikasi Model

Estimasi Biaya untuk olahdata statistic dengan software AMOS atau LISREL berkisar antara Rp.1500.000,- s/d Rp. 3.000.000,- (tergantung jumlah sample data dan variable penelitian).

Biaya tersebut sudah termasuk interpretasi hasil olahdata sesuai dengan hipotesis penelitian anda. Jika ditambah dengan Materi Metodologi Penelitian (Bab 3) dan Kuesioner maka anda tinggal menambahkan fee Rp. 750.000,- saja.

Apabila anda berminat dan tertarik dengan layanan jasa 'olahdata statistik' dari kami, dan memerlukan informasi lebih lanjut, Silahkan hubungi melalui sms/call hotline services kami :

Call Center Jakarta, hubungi:
(Simpati)    081 282 730 730
(XL Bebas) 0877 3838 5577
Call Center Jogjakarta, hubungi :

 
(Simpati)     081 383 584 584
(XL Bebas) 0877 3838 5858


Kirimkan email permasalahan dan data anda ke :

Kunjungi juga weblog kami yang khusus membahas tentang olah data statistik di http://www.olahdata-statistik.com.

11 komentar:

Djumadi mengatakan...

Bagus pak ,ada kemajuan namanya.Smoga bisa semakin maju dimasa mendatang

Anonim mengatakan...

budidaya membaca memang awal dari kemajuan sebuah bangsa sih. So ayo temen-temen STIE BII budidayakan membaca..............."""hidup membaca buku"""""""""""""Nonton TV boleh tapi membaca tetep. terus...terus...dan teruss...

pr4w4nk4mpung mengatakan...

"""Membaca memang harus ditanamkan pada generasi muda sekarang.Dengan ilmu pengetahuan yang didapat memungkinkan kita untuk lebih unggul dari negara lain. Tidak hanya Cina yang dapat kita ungguli bahkan USA pun bisa kita ungguli.Mulai sekarang daripada kita berbengong-bengong mikiran sesuatu yang g jelas mendingan kita membaca. Betuuuuuuuuuuuuuuuul ga' temen-temen. tapi BTW pak boleh donk minjem buku bacaannya............. kalau belia kan mahal......?????!!!""""

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, dah mulai pada tergerak hatinya untuk lebih banyak membaca ... ingat broer n nonny bahwa buku itu jendela dunia, dan bukankah Jibril pernah berkata kepada Rasullulah : Iqro Ya Muhammad !!

Yaps, intinya kita kudu banyak2 n rajin membaca, mengamati, mencermati dan mempelajari dunia dan segala isinya ... Jadilah manusia pembelajar, long life educations. He2 jadi ngelantur nech bisa2 4 SKS khotbahnya ...

Buat yang butuh buku2 referensi, jurnal, artikel, atau bahan bacaan apa aja, silahkan hubungi saya via JAPRI - Jalur Pribadi (Email & HP) atau boleh juga langsung nyamperin ke Kampus anytime U want.

Wassalam.

kamusarea mengatakan...

wah kok pake fotonya oke oke he he
memang biar belajar menyenangkan itu gaya juga tetep ya pak

salam kenal y

Al-Hamdan الحمدان mengatakan...

Yups, Just intermezo biar anda nggak borring membaca posting modul, handout & artikel yang ada di blog ini, thanks for coming ...

Anonim mengatakan...

Hallo Pak Dosen,
Foto2nya yang pake kacamata item & jas klop banget mirip secret agent CIA & FBI di pilem2 hollywood wa kak kak ...

Eko Eshape mengatakan...

he..he..he.. bener tuh, kayak agen CIA
BTW untuk pembaca seusiaku, tulisan di blog ini agak kekecilan

Kalau berkenan lebih diperbesar tentu akan menolong manusia seumuranku

Salam Jape Methe dab...

PLC mengatakan...

Bagus pak ... semoga dunia kampus makin maju

Unknown mengatakan...

Terimakasih ARTIKEL A,,

elm mengatakan...

terima kasih tipsnya, saya ada buku cara jitu sukses menyusun skripsi yang anda bisa unduh disini